Blog seputar teknologi gadget terbaru, merivew spesifikasi dan harga komputer | laptop | smartphone serta kelebihan dan kekurangannya.

Jumat, 22 April 2016

Panduan Merakit Spesifikasi Komputer Desain Grafis

Bagi anda yang pekerjaannya dibidang desain grafis, pastinya sudah menjadi suatu keharusan untuk memilih spesifikasi komputer desain grafis yang mumpuni. Hal ini dikarenakan jika anda menggunakan spesifikasi komputer yang standar untuk membuka aplikasi desain grafis, entah itu corel draw atau photoshop pastinya komputer akan terasa berat. Mungkin jika hanya untuk membuka satu atau dua halaman dan mendesain desain dasar saja tidak menjadi masalah.


Akan tetapi ketika anda mendesain dengan desain garfis yang profesional dan membuka banyak halaman aplikasi desain, menggunakan komputer standar saja tidak akan cukup. Dan pastinya akan terjadi leg (lambat). Oleh karena itu performa komputer atau PC dengan spesifikasi tinggi sudah menjadi keharusan untuk dimiliki, agar tidak terjadi capek hati dikarenakan komputer yang leg dan lemot saat menggunakan beban dari aplikasi desain grafis yang begitu banyak memakan resource (kapasitas) memori. Berikut ini adalah tips merakit spesifikasi komputer desian grafis

Di dalam merakit sebuah komputer desain grafis, ada beberapa komponen hardware yang perlu diperhatikan. Beberapa komponen yang perlu diperhatikan diantaranya adalah :

1. Motherboard
Motherboard merupakan induk atau inti dari sebuah komputer. karena di motherboard inilah semua komponen hardware dipasang, mulai dari hardisk, RAM, VGA external dan yang lainnya. Di motherboard ada beberapa soket, untuk tempat RAM, VGA, Processor di pasang. Bagian yang penting adalah ketika anda memilih motherboard, pastikan motherboard tersebut cocok dengan soket processor yang akan digunakan. Jangan sampai motherboard yang anda beli malah socketnya tidak cocok dengan processor.

2.Processor
Pastinya anda sudah mengetahui bahwa didunia processor ada dua pabrikan yang selalu bersaing meningkatkan kemampuan teknologi processornya, siapa lagi kalo buka AMD dan Intel. Keduanya selalu bersaing dalam mengeluarkan processor dengan teknologi terbarunya, hal ini dimaksudkan untuk semakin menggaet banyak konsumen.  Dan keduanya pastinya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya adalah pada processor intel, dia memiliki kelebihan dengan bandelnya dan tidak cepat panas, akan tetapi harganya lumayan mahal.

Sedangkan pada AMD, dia memiliki tipe processor yang cepat panas, dan hal itu bisa diakali dengan dibuatnya sirkulasi udara yang baik pada casing dengan menambah beberapa kipas pada casing. Hal yang menggembirakan adalah dengan harga yang lebih murah dari intel, anda akan mendapatkan processor AMD dengan spesifikasi yang sama dengan Intel. Dan berikut ini adalah perbandingan sebagai refrensi untuk anda :

Perbandingan processor AMD dan Intel pict
Perbandingan processor AMD dan Intel
Meskipun peranan processor begitu penting, akan tetapi anda juga harus memperhatikan komponen hardware lainnya yang sebenarnya juga menentukan performa PC atau komputer. Diantaranya seperti VGA, RAM, Power supply dan lainnya. Sehingga nantinya komputer tersebut mampu menghasilkan performa yang maksimal.

3. RAM (Random Acces Memory)
Komponen ini bertugas untuk menympan data sementara ketika kita mengoperasikan komputer. Biasanya kta mengenal RAM dari besarnya kapasitas, misalnya 1GB, 2GB dan 4 GB.
Kebanyakan komputer-komputer sekarang menggunakan RAM DDR2 atau DDR3. Sehingga ketika anda membeli RAM anda jangan melihat kapasitasnya saja, akan tetapi anda harus meliha soket yang tersedia yang ada pada motherboard. Apakah motherboard tersebut menggunakan soket RAM DDR2 atau DDR3. Jangan sampai anda sudah membeli RAM DDR2 dengan kapasitas 16GB,  tetapi di motherboardnya ternyata menggunaka soket RAM DDR3.

4. VGA (Video Graphics Array)
Komponen selanjutnya adalah VGA. Bagi anda yang akan merakit sebuah komputer untuk desain grafis, VGA ini merupakan salah satu faktor penting. sebab menggunakan aplikasi grafis nantinya akan membutuhkan VGA dengan spesifikasi tinggi dikarenakan komputer dituntut bekerja keras untuk memproses data-data grafik. Oleh karena itu anda harus menyiapkan uang lebih untuk membeli VGA External atau istilah lainnya graphic card. Banyak merek graphic card yang ada dipasaran, contohnya Asus, Gigabyte, MSI. Akan tetapi pada dasarnya semua merek tersebut menggunakan chipset buatan NVIDIA atau ATI RADEON.

Graphic card berbeda dengan RAM, dimana jika RAM kapasitasnya semakin besar maka kinerja komputer akan semakin baik. Misalkan, jika kita merakit komputer menggunakan RAM 4GB pastinya akan lebih baik kinerjanya daripada menggunakan RAM dengan kapasitas 2GB.

Sedangkan pada VGA untuk kinerjanya tidak hanya ditentukan oleh besarnya kapasitas penyimpanan (GB). Sehingga terkadang tidak sedikit orang mencari VGA yang Gega byte nya tinggi. Padahal kualitas grafis pada sebuah VGA tergantung pada nilai bit dari VGA. Misalkan, VGA dengan kapasitas 256MB 256bit jauh akan lebih bagus performanya daripada VGA 1GB 64bit. Dan pastinya harga sebuah graphic card dengan nilai bit yang besar akan lebih mahal meskipun kapasitas GB nya lebih kecil. Anda bisa mengeceknya di toko komputer.

5.Hardisk
Patinya anda sudah mengenal dengan komponen komputer yang satu ini. Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan data yang berupa cakram padat (logam). Ada beragam kapasitas hardisk yang dijual dipasaran, misalnya 80GB, 160, 250GB. dan hardisk komputer paling besar yang beredar dipasaran Indonesia adalah 2TB (Tera byte). Semakin besar kapasitas hardisk yang nantinya anda gunakan akan semakin baik,  hal ini dikarenakan untuk mendukung aktifitas penyimpanan file desain yang tergolong besar-besar. Akan tetapi anda juga harus memperhatikan chace dan Rpm (kecepatan putar) hardisk. Jika anda memiliki dana lebih, di sarankan membeli hardisk yang RPM-nya di atas 7200 Rpm.

6. Power Suplay (PSU)
Power supply merupakan komponen yang bertugas mendistribusikan dan pembagi arus listrik. Power Supply yang berkualitas akan memberikan kestabilan pada kinerja komputer. Pada Power Supply standar bawaan casing, nilai WATT yang tertera terkadang tidak murni (biasanya tertulis 450 W, tetapi daya aslinya hanya 250 WATT).

Power supply mengalirkan arus listrik DC ke komponen-komponen yang membutuhkan daya listrik seperti Hardisk, motherboard, VGA, Prosesor, DVD RW, dan yang lainnya. Dengan menggunakan Power supply standar, kemungkinan kapasitas daya yang dimiliki tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan kompnen hardware. Jadi jika anda memiliki dana lebih, anda bisa membeli power supply tersendiri yang bukan bawaan casing.

Selain komponen diatas, ada beberapa hardware komputer lainnya yang penting untuk diperhatikan. Misalnya casing, mouse, cooling fan dan monitor. Disarankan untuk membeli casing komputer yang baik. Baik disini dalam arti casing tersebut memiliki lubang sirkulasi udara yang bagus. Hal ini berfungsi untuk mengeluarkan udara panas yang berasal dari dalam komputer. Jika dirasa perlu, tambahlah cooling fan pada casing untuk membantu mendinginkan komponen-komponen komputer.

Pemilihan mouse yang sesuai juga akan meningkatkan kualitas desain. Diusahakan untuk tidak memakai mouse dengan tingkat DPi (Dot per Inch) yang rendah di bawah 800 Dpi. Gunakanlah mouse yang memiliki kerapatan Dpi yang tinggi antara 3000 hingga 6000 Dpi. Biasanya Dpi tinggi ada pada mouse-mouse untuk bermain game. Berikut contoh spesifikasi komputer desain grafis yang patut anda pertimbangkan :

Rakitan CPU Desain Grafis Intel dan Harga
Processor : Intel Core i3 3240 3.4GHz Rp 1.460.000
Motherboard : Gigabyte H61M-DS2 Rp 890.000
RAM : Team Elite Plus DDR3 4GB PC12800  (2 x 2GB) Rp 425.000
VGA : HIS R7 240 2GB DDR5 128BIT iCooler Rp 1.050.000
Hardisk : SEAGATE 500GB SATA 3.0 Rp 670.000
Casing : Dazumba D-Vito 685/686 450 Watt Rp 500.000
Optical Drive : LG DVDRW 24x SATA Rp 159.000
Total :
Rp 5.154.000


Rakitan CPU Desain Grafis AMD dan Harga
Processor : Apu A10-X4-7850K With Vga Radeon Rp 1.835.000
Motherboard : ASRock FM2A68M Rp 800.000
RAM : Team Elite Plus DDR3 4GB PC12800  (2 x 2GB) Rp 425.000
VGA : vga onboard 2gb R7 Kaveri-DX11.2-128bit-512shaders -
Hardisk : SEAGATE 500GB SATA 3.0 Rp 670.000
Casing : POWERLOGIC FUTURA NEO 450W Rp 500.000
Optical Drive : LG DVDRW 24x SATA Rp 159.000
Total :
Rp 4.389.000

Catatan : Harga-harga diatas diambil dari berbagai sumber dan harga komponen antara toko yang satu dan yang lainnya kemungkinan akan berbeda.

Komponen-komponen  untuk merakit spesifikasi komputer desain grafis diatas  tidak harus mutlak seperti itu, anda bisa mengupgrade atau mendowngrade sesuai dengan kebutuhan dan dana yang ada, asalkan komponen-komponen komputer tersebut support dengan Motherboard yang anda miliki. Itulah beberapa spesifikasi komputer untuk spesifikasi komputer desain grafis yang dapat kami sajikan. Semoga benar-benar bermanfaat bagi anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Panduan Merakit Spesifikasi Komputer Desain Grafis

5 komentar:

  1. mantap artikelnya sangat jelas da mudah dipahami
    thank a lot gan

    BalasHapus
  2. mantap gan..terima kasih info nya, sangat membantu saya yang akan merakit komputer desain grf

    BalasHapus
  3. Kalau pakai processor yang Tray bagus ga bosq ?
    Salam
    Pintu Besi Tempa Klasik

    BalasHapus